Apakah Ma'mum Diam Saja ketika Telah Selesai Membaca Surat Namun Imam Belum Ruku'?

Rabu, 24 Desember 2014 | Islam
Pertanyaan:

إذا فرغ المصلي في الصلاة السرية من قراءة الفاتحة وسورة والإمام لم يركع فهل يسكت؟

Jika seseorang telah selesai membaca Al-Fatihah dan surat pada shalat sirriyah (yang bacaannya pelan) namun imam belum ruku', apakah ma'mum cukup diam saja (tidak membaca apa-apa)?

Jawab:

لا يسكت المأموم إذا فرغ من قراءة الفاتحة وسورة قبل أن يركع الإمام, بل يقرأ حتى يركع الإمام حتى لو كان في الركعتين اللتين بعد التشهد الأول وانتهى من الفاتحة ولم يركع الإمام فإنه يقرأ سورة أخرى حتى يركع الإمام؛ لأنه ليس في الصلاة سكوت إلا في حال استماع المأموم لقراءة إمامه.
( مجموع فتاوى ورسائل فضيلة الشيخ محمد بن صالح العثيمين )


Jika ma'mum telah selesai membaca Al-Fatihah dan surat namun imam belum ruku' maka ma'mum tidaklah diam saja. Ia tetap membaca (surat lainnya) hingga imam ruku'. Bahkan seandainya pada dua rakaat setelah tasyahud awal (yaitu rakaat ke-3 dan 4) ma'mum telah selesai membaca Al-Fatihah namun imam belum ruku' maka ma'mum membaca surat lainnya sampai imam ruku'. Karena, tidak ada diam dalam shalat kecuali diamnya ma'mum untuk menyimak bacaan imamnya.

(Sumber: Majmu' Fatawa wa Rasa-il Fadhilah asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, Jld. 15 hlm. 108 No. 974)


======
Demikian juga ketika imam ruku' atau sujudnya agak lama dan kita telah selesai membaca dzikir untuk ruku' atau sujud, maka hendaklah kita tetap berdzikir dengan mengulang-ngulang bacaannya. Wallahu a'lam.



Komentar