Pembatal Puasa (2)

Rabu, 17 April 2019 | Islam
Ulama Syafiiyah telah membuat sebuah kaidah pembatal puasa, yaitu adanya suatu benda ('ain) yang masuk dari luar ke dalam tubuh, dari saluran atau tempat terbuka, dilakukan dengan sengaja dan ingat kalau sedang berpuasa. Rincian poin-poin kaidah ini sebagai berikut.

1. Adanya benda ('ain) yang masuk

Dengan disyaratkannya 'ain maka bekas atau dampak dari sesuatu tidaklah membatalkan puasa. Misalnya, bau yang tercium, rasa panas dan dinginnya air di lidah. Itu semua tidak membatalkan puasa.

Di sisi lain, hal tersebut juga mengkonsekuensikan bahwa tidak harus makanan dan minuman yang bisa membatalkan puasa. Jika uang logam, pasir atau rumput masuk ke perut, itu pun dapat membatalkan puasa. [ Selengkapnya... | 0 komentar ]

Pembatal Puasa

Selasa, 16 April 2019 | Islam
Salah satu syarat dan rukun puasa adalah menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa semenjak terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari. Adapun hal-hal yang dapat membatalkan puasa adalah sebagai berikut.

1. Jima' (Hubungan Badan)

Ulama sepakat bahwa jima' dapat merusak dan membatalkan puasa, baik itu keluar air mani ataupun tidak. Dikecualikan jika lupa sedang berpuasa, maka tidak membatalkan puasa. [ Selengkapnya... | 0 komentar ]

Suatu ibadah tidaklah sah kecuali dengan adanya niat. Ulama sepakat (ijma') bahwa letak niat adalah di hati. Sekedar melafazkan niat namun hati lalai atau tidak benar-benar berniat maka itu tidaklah cukup.

Lalu bagaimana jika melafazkan niat yang diiringi dengan keyakinan dan kemantapan di hati? Imam Nawawi mengatakan, "Sama sekali tidak disyaratkan untuk melafazkan niat dengan lisan". Namun, tidak mengapa jika ingin melafazkan niat.

Niat puasa juga sah dengan segala hal yang mengantarkan pada maksud berpuasa. Misalnya, seseorang sengaja bangun untuk sahur, atau minum agar terhindar dari haus saat keesokan siangnya berpuasa. Semuanya teranggap niat yang sah jika terlintas di hatinya hendak berpuasa.

Kapan waktu untuk berniat?Selengkapnya... | 0 komentar ]

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna laptop "jadul" seperti saya adalah hardware yang sudah tidak di-support lagi. Hal ini kembali saya alami ketika meng-install Debian 9.5 (Stretch). Ketika masuk ke X window, resolusi layarnya hanya mentok di 1024x768. Seharusnya bisa sampai 1280x800. Laptop tersebut menggunakan video card SiS 771/671.

Hal pertama yang saya coba lakukan adalah dengan menerapkan langkah yang sama dengan yang pernah saya lakukan pada Slackware 13.37 dulu. Namun, cara tersebut ternyata sudah tidak berlaku. Driver tersebut tidak dapat digunakan pada versi xorg yang lebih baru. Untuk diketahui, Debian 9.5 menggunakan xorg versi 1.19. [ Selengkapnya... | 3 komentar ]

Sesuai judulnya, ada dua kabar baik yang saya dapatkan (dan baru saya ketahui).
  1. BNI Syariah sudah mendukung VCN (Virtual Card Number)
  2. Request VCN bisa dilakukan via aplikasi mobile banking (bukan SMS banking)
Poin pertama menjadi kabar baik karena dengan disediakannya fitur VCN oleh BNI Syariah maka saya tidak / kurang perlu lagi mencari alternatif untuk membuka rekening di bank lain. Di BNI Syariah saya menggunakan tabungan wadiah tanpa bunga / bagi hasil. VCN sendiri saya butuhkan untuk keperluan pembayaran online, terutama yang dari luar negeri. Walaupun VCN masih memiliki keterbatasan, tapi cukup membantu. [ Selengkapnya... | 4 komentar ]

Kali ini saya akan berbagi tips ringan dan aman untuk membasmi (baca: mencegah) jentik nyamuk di bak kamar mandi. Sebenarnya tips ini saya dapatkan sudah agak lama dari postingan Bpk. Tri Agung R di Facebook. Hanya saja karena dulu tips ini belum bisa saya laksanakan jadi saya tidak tahu sampai di mana keampuhannya.

Itu cerita dulu.. Sekarang sudah beda. Ternyata tips-nya cukup mujarab. [ Selengkapnya... | 0 komentar ]

Leaflet-DeepZoom

Ahad, 20 Agustus 2017 | Projects
Ini adalah plugin yang beberapa tahun lalu pernah saya buat untuk keperluan satu pekerjaan. Di antara kebutuhan pekerjaannya adalah :
  1. Membuat gambar stasiun gas bumi.
  2. Gambar (yang sudah dalam format 2D beresolusi tinggi) bisa di-zoom, sehingga komponen peralatan seperti pipa, tangki, valve dll dapat terlihat jelas.
  3. Jika gambar peralatan di-klik bisa terlihat nama dan deskripsinya.
  4. Fitur pencarian lokasi peralatan tertentu, kemudian langsung fokus dan zoom peralatan tersebut.
  5. Sistem berbasis Web
Ketika itu yang terbersit adalah : mirip Google Maps, hanya saja bukan peta jalan, tapi Stasiun Gas Bumi. [ Selengkapnya... | 2 komentar ]

Ensiklopedi Hadits 9 Imam Mungkin boleh dibilang ini adalah aplikasi hadits terlengkap yang menyediakan terjemahan dalam bahasa Indonesia.

Selain versi desktop, tersedia juga versi Android yang tentunya akan lebih memudahkan kita untuk mempelajari hadits Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Tidak perlu repot membeli dan membawa kitab-kitab hadits yang tebal dan mahal.

Pun demikian tersedia pilihan versi gratis dan PRO di Android.

Di antara keunggulan versi PRO menurut pengembangnya adalah: [ Selengkapnya... | 1 komentar ]

Doa yang Sering Dilupakan

Ahad, 14 Mei 2017 | Islam
Padahal doa ini sangat penting dan merupakan bagian dari pendidikan serta penjagaan anak, bahkan sejak sebelum ia lahir ke dunia. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

"Jika salah seorang dari kalian mendatangi istrinya dan membaca doa :

بِاسْمِ اللهِ، اللهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ، وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزقْتَنَا

'Dengan menyebut nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari setan dan jauhkanlah setan dari rizki yang Engkau anugerahkan kepada kami.'

Kemudian jika Allah menakdirkan lahirnya anak dari hubungan tersebut, maka setan tidak akan bisa membahayakan anak tersebut selamanya” [HR Bukhari dan Muslim]

Di antara penjelasan ulama tentang makna "setan tidak akan bisa membahayakan anak tersebut selamanya" adalah :

1. Setan tidak bisa memurtadkan si anak
2. Si anak tidak akan bisa kesurupan

__
Faidah kajian Fiqh Tarbiyatil Abna oleh Ust. Aris Munandar [ 0 komentar ]

Fitnah Wanita

Kamis, 11 Mei 2017 | Coretan
Dalam Alfiyah Ibn Malik disebutkan,

وفعل أمر ومضي بنيا * وأعربوا مضارعا إن عريا
من نون توكيد مباشر ومن * نون إناث كـ يرعن من فتن

Ringkasnya :
  • Fiil amr dan fiil madhi itu mabni
  • Fiil mudhari itu mu'rab, kecuali jika bersambung langsung dengan nun taukid atau jika bersambung dengan nun inats.
Lalu apa hubungannya dengan fitnah wanita?

Salah satu yang menarik adalah di bait terakhir kutipan di atas. Ketika memberi contoh fiil mudhari yang bersambung dengan nun inats (dhamir untuk perempuan jama') :

يرعن من فتن
Mereka (perempuan) membuat takut orang yang terfitnah (yaitu para laki-laki).

Tidak terbayang kan betapa dahsyatnya fitnah wanita? [ 0 komentar ]

A. Hamzah yang berada di tengah kata ditulis di atas alif (أ), jika:
  1. Hamzah berharakat fathah dan huruf sebelumnya berharakat fathah juga. Contoh:  سَأَل
  2. Hamzah sukun dan huruf sebelumnya berharakat fathah. Contoh:  رَأْس
  3. Hamzah berharakat fathah dan huruf sebelumnya sukun )selain ya’). Contoh:  مَسْأَلَة
    Jika sebelumnya adalah ya’ sukun, lihat poin B.3.
Selengkapnya... | 5 komentar ]


ke halaman selanjutnya ››