Edit File PDF dengan Menggunakan OpenOffice

Sabtu, 27 Februari 2010 | Software dan OS
Mungkin ada kalanya karena suatu alasan Anda ingin melakukan perubahan pada file PDF yang Anda miliki atau Anda peroleh (ntah itu dari mana). Masalahnya adalah bagaimana untuk melakukan hal itu? Jika search di internet, Anda akan menemukan beberapa software yang yang memiliki fungsi khusus seperti itu. Tapi, rata-rata software tersebut berbayar. Jika Anda tidak rela mengeluarkan uang sepeserpun, tapi masih ingin tetap menghargai hak cipta software dengan tidak membajaknya, OpenOffice bisa menjadi solusi alternatif.

Bagi pengguna OpenOffice, sebenarnya tidak memerlukan software tambahan jika ingin melakukan editing pada file PDF. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti.
  1. Jika belum memiliki OpenOffice silahkan install terlebih dahulu. OpenOffice dapat di-download secara gratis dari http://www.openoffice.org
  2. Download Sun PDF Import Extension. Silahkan pilih sesuai dengan Sistem Operasi yang Anda gunakan. File-nya juga dapat di-download di website ini, baik itu untuk versi Linux maupun versi Windows.
  3. Jalankan OpenOffice dan pilih menu Tools -> Extension Manager...
  4. Klik tombol Add lalu pilih file Sun PDF Import Extension yang sebelumnya sudah di-download.
  5. Selanjutnya tinggal melakukan import terhadap dokumen PDF yang kita miliki melalui menu File -> Open..
  6. Setelah di-edit Anda dapat meng-export kembali dokumen tersebut ke dalam format PDF melalui menu File -> Export as PDF..
Selamat mencoba..



Komentar

anadalo
11 Maret 2010 - 10:21:32
wah mas. kok waktu ane coba ko g berhasil yac..ane uda lakuin step2nya di atas, tapi pas ane open file pdf, ko g mncul2 ya file pdf nya.. ap ad yg kurang?

aL
11 Maret 2010 - 10:34:50
silahkan buka file PDF-nya melalui OpenOffice.org DRAW
sampai saat ini saya tidak menemukan masalah saat membuka file PDF. walaupun mungkin layout-nya kadang agak berubah, hehe..

anadalo
15 Maret 2010 - 10:36:56
iya, waktu aku coba di oOo 3.0, ia bisa mas, tapi pas di 3.1 g bisa, emng belum bisa ya untuk versi 3.1??

aL
15 Maret 2010 - 11:05:23
saya menggunakan OOo 3.1 (lebih tepatnya 3.1.0) tidak ada masalah. belum mencoba pada versi yang lebih baru, seperti 3.1.1 atau 3.2.0. apakah ada pesan error-nya?

anadalo
20 Maret 2010 - 13:14:29
ga ada pesan apa2 gan..

Berikan Komentar

Nama:


E-mail:


Website:
Contoh http://www.indokreatif.net

Silahkan tulis komentar anda :