Menambah Koleksi Kitab di Maktabah Syamilah

Sabtu, 01 Februari 2014 | Software dan OS
Maktabah Syamilah (Shamela) merupakan software 'perpustakaan' digital dengan koleksi kitab yang sangat banyak. Untuk versi resminya saja tercatat ada 6.111 kitab (terakhir yang saya ketahui saat ini ditulis). Update terbaru dari software dan juga kitabnya dapat dilihat di web Shamela. Bagi yang ingin menambah koleksi kitabnya, dapat dilakukan dengan beberapa cara, sebagai berikut.

Cara 1 : Download dan Impor Otomatis


Gambar 1.1

Cara ini bisa digunakan jika kita terhubung dengan internet.
Klik tombol update yang ada di pojok kiri atas.

Selanjutnya akan muncul daftar kitab terbaru. Anda bisa memilih dengan memberi tanda centang pada semua kitab atau hanya sebagian saja. Kemudian, klik tombol download seperti pada gambar di bawah.


Gambar 1.2

Jika hanya memilih sebagian kitab, akan muncul konfirmasi seperti gambar berikut. Shamela akan menanyakan apakah kitab yang tidak dicentang akan dimasukkan dalam "daftar kitab yang diabaikan" (sehingga tidak akan muncul lagi pada opsi update kitab terbaru). Di sini Anda bisa memilih "La" (tidak).


Gambar 1.3

Kemudian tunggu beberapa saat sampai proses download selesai. Setelah itu, Anda bisa mendownload kitab lainnya lagi, atau menutup jendela update.


Gambar 1.4

Perlu diingat, kitab yang diimpor dengan cara ini baru akan muncul setelah Anda menutup dan menjalankan kembali software Shamela dari awal.


Cara 2 : Impor Manual

Cara ini mirip dengan cara 1, hanya saja setelah memilih kitab yang diinginkan, klik tombol untuk menampilkan link download seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.


Gambar 2.1

Selanjutnya akan muncul daftar link kitab yang bisa langsung kita klik, download dan simpan di komputer.


Gambar 2.2


Gambar 2.3

Setelah file tersebut (biasanya dengan ekstensi *.rar) kita simpan, maka langkah selanjutnya adalah menambahkan kitab tersebut ke Shamela, yaitu dengan cara meng-klik tombol impor (gambar 2.4).


Gambar 2.4

Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar 2.5.
Cari file yang sudah kita download tadi (pada kolom jendela bagian atas, ditandai dengan nomor 1), lalu geser (drag-drop) ke kolom di bawahnya (nomor 2). Pastikan semua kitab yang Anda inginkan sudah masuk dalam daftar file yang akan di-impor. Kemudian, klik tombol impor yang berwarna kuning (mirip icon petir/halilintar).


Gambar 2.5

Jika tidak ada masalah, akan muncul konfirmasi bahwa proses impor berhasil dilakukan. Kitabnya bisa langsung dibuka dan dibaca.


Cara 3 : Download dari shamela.ws

Kita pun bisa mendownload kitab secara terpisah, dengan menggunakan komputer orang lain yang tidak ter-install Shamela misalnya. Cukup dengan mengunjungi web shamela.ws. Di web tersebut sudah disediakan daftar kitab sesuai dengan kategorinya. Atau, bisa juga menggunakan fasilitas pencarian (search).


Gambar 3.1

Setelah kitab yang diinginkan ketemu, silahkan download dan simpan di komputer. Langkah selanjutnya sama seperti cara 2 (gambar 2.4 dan seterusnya).

Semoga bermanfaat..



Komentar

info kerja
01 April 2014 - 20:53:59
terimakasih petunjuknya sangat membantu

jamal malang
16 Maret 2015 - 06:24:54
syukran, sangat membantu

Izuma
29 April 2015 - 07:36:53
SYukron Katsir..Jayyid Jiddan..

machmud
17 Agustus 2016 - 15:02:25
sebelum di masukin ke maktabah, kitab bisa di baca. setelah di masukkan kitab ndak bisa kebaca, muncul tulisan kitab tidak di temukan. padahal di daftar kitab ada.
mohon bantuannya.
ana ucapkan jazakallohu khoiron katsiron.
ana pake maktabah syamela versi 3.64
windows 8.1

aL
05 November 2016 - 18:45:35
apakah saat impor-nya berhasil dan tidak ada pesan error?

LDII Kediri
28 Januari 2017 - 22:56:16
Alhamdulillah kami juga menggunakan aplikasi tersebut..mudah2han menjadi barakah buat kaum muslimin

adienz
10 September 2017 - 14:08:28
min fadlikum, tolong minta bantuannya. setelah saya upgrade syamilah saya ke versi 3.64, tiba-tiba buku2 yang lama tidak terdeteksi kembali, jadi ketika membuka maktabah syamilah versi baru tersebut saya seperti harus mulai mengumpulkan (mendownload) semua buku dari awal lagi. atas bantuannya kami ucapkan jazakumullah.
barakallahu fikum

Berikan Komentar

Nama:


E-mail:


Website:
Contoh http://www.indokreatif.net

Silahkan tulis komentar anda :


Masukkan kode berikut