URL yang SEF dan Tombol Share Artikel

Sabtu, 02 April 2011 | Programming
Sepertinya sudah sangat lama saya tidak bersentuhan dengan programming. Jadi, sambil mengisi waktu saya melakukan dua perubahan kecil pada website ini, yaitu format URL (alamat halaman web) yang lebih SEF (search engine friendly), serta penambahan tombol untuk men-share artikel. Mungkin sekilas Anda sudah dapat melihat beberapa perbedaan pada website ini. Tentu saja, itu jika sebelumnya Anda sudah pernah berkunjung ke website ini dan memperhatikan hal tersebut, hehe..

Pertama: URL yang Lebih SEF

Format URL yang saya gunakan sebelum ini adalah content.php?id.XX dengan XX adalah angka yang merepresentasikan nomor ID artikel. Sebagai contoh, untuk artikel Cara Praktis Menghafal Qur'an maka format URL yang lama adalah /content.php?id.63. Setelah dilakukan perubahan, URL-nya menjadi /articles/cara-praktis-menghafal-quran/.

Bagi yang terbiasa dengan SEO (Search Engine Optimization) tentunya sudah sangat paham alasan kenapa format URL ini penting. Format URL yang menggunakan kata/kalimat akan lebih mudah dikenali oleh search engine seperti Google. Pemilik website juga dapat menentukan dengan kata kunci (keyword) pencarian apa websitenya dapat ditemukan oleh Google.

Saya tidak akan membahas tentang SEO di sini. Saya hanya ingin sharing mengenai aspek teknis cara untuk membuat format URL seperti yang saya gunakan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan salah satu modul Apache WebServer, yaitu mod_rewrite. Pada file .htaccess dapat ditambahkan beberapa baris berikut.

RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule ^articles/(.*)$ /content.php?seo_url=$1 [L]

Saya juga menambahkan satu kolom "seo_url" yang bersifat unique pada database artikel. Kolom ini nantinya dapat diisi dengan dengan kata-kata seperti "cara-praktis-menghafal-quran". Dengan kata/kalimat tersebutlah nantinya artikel akan dipanggil dari database untuk ditampilkan.

Kedua: Tombol Share Artikel

Untuk tombol share artikel, saya menggunakan layanan bookmarking dan sharing dari AddThis. AddThis juga banyak digunakan dalam blog seperti Wordpress sebagai plug-in untuk sharing tulisan di Facebook, Twitter, dll. Penggunaannya pun cukup sederhana, hanya dengan menambahkan beberapa baris kode, anda sudah bisa mendapatkan fasilitas sharing artikel dari AddThis.

Jika ingin melakukan modifikasi/perubahan, saya sarankan untuk mengunjungi langsung website AddThis. Selamat mencoba..



Komentar

popolidia
10 Desember 2012 - 11:53:54
salam. mari menjadi manusia yang memiliki Integritas dihadapan Tuhan dan manusia

Pagar Besi Tempa
30 Oktober 2015 - 15:14:02
Tulis artikel lagi mas, tetang programming.
Thanks,

Rumus Excel
22 Oktober 2017 - 01:15:32
Salam, Masihkah cara ini berlaku sampai saat ini?

Berikan Komentar

Nama:


E-mail:


Website:
Contoh http://www.indokreatif.net

Silahkan tulis komentar anda :