Catatan Pelajaran Bahasa Arab

Jumat, 29 Maret 2013 | Bahasa Arab
[Update: 27/11/2014] Anggap saja ini sebagai catatan pembuka dari saya, hehe. Awalnya tidak kepikiran untuk menulis lebih jauh tentang Bahasa Arab di website ini. Namun, berhubung belakangan ini otak saya agak susah diisi dengan yang namanya Bahasa Arab, mungkin ada baiknya saya tulis ulang saja yang sudah saya dapatkan. Kata orang, ilmu itu harus diikat dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan tulisan. Dengan menulis, saya juga dituntut untuk mengulang dan memahami semua yang saya pelajari.

Buku/kitab yang saya jadikan rujukan utama adalah Mulakhas Qawa'idul Lughatil 'Arabiyyah (tidak menutup kemungkinan mengambil materi dari kitab lainnya). Mungkin pembahasannya agak sedikit berbeda jika dibandingkan dengan saat awal-awal belajar Bahasa Arab, ada beberapa tambahan faedah di kitab tersebut. Sejujurnya, niat awalnya adalah sebagai catatan pribadi dan dipelajari sendiri. Tapi, jika nantinya ada yang mengambil manfaat dari tulisan tersebut maka saya sungguh sangat bersyukur kepada Allah.

InsyaaLlah bagian pertama dari "catatan" ini akan dipublish dalam beberapa hari. Semoga Allah memudahkan dan bisa konsisten menyelesaikan serial ini. Semoga Allah juga memudahkan kita semua untuk memahami agama-Nya. Aamiin..

Dan satu lagi, bagi yang baru belajar (kalau yang sudah expert tidak perlu baca ini hee) saya merekomendasikan untuk belajar langsung dari para guru/ustadz, bisa juga membeli dan membaca buku-buku pelajaran Bahasa Arab, atau merujuk ke situs seperti Bahasa Arab Online. InsyaaLlah ada banyak faedah yang bisa didapatkan di situ. Semoga bermanfaat..

Daftar Isi :

Pembagian Kalimah/Kata dalam Bahasa Arab
Jumlah dan Syibhul Jumlah
Bina' dan I'rab
Al-Mamnu' minash-Sharf + Kuis Berhadiah

Isim Manshub
Zharaf: Qablu dan Ba'du




Komentar

meeeee
02 April 2013 - 18:10:07
*curious* Ditunggu lanjutannya...

Berikan Komentar

Nama:


E-mail:


Website:
Contoh http://www.indokreatif.net

Silahkan tulis komentar anda :